Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63458
Title: | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A SDN TEGALGEDE 1 JEMBER MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 |
Authors: | Mohammad Malik Yuliyanto Adi Singgih Bektiarso, Bektiarso Agustiningsih |
Keywords: | Inkuiri berpikir kritis energi perubahannya |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Pembelajaran IPA di sekolah ternyata tidak sesuai dengan harapan KTSP, seperti halnya di SDN Tegalgede 1 Jember, siswa hanya mendengarkan penjelasan dan membaca materi yang diberikan guru maupun buku cetak, dengan demikian pembelajaran IPA terkesan siswa pasif karena pembelajaran tidak secara langsung melihat fenomena alam dengan nyata. Dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan tetapi tidak meninggalkan konteks awal yaitu kebermaknaan yang nantinya akan mampu memberikan pemahaman yang utuh terhadap siswa kelas IV-A sehingga memahami dan dapat mengaplikasikan pengetahuannya. Inkuiri dipilih sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Tegalgede 1 Jember pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya karena mampu menghadirkan pemikiran kritis, logis, sistematis dan analisis ke dalam kelas sehingga siswa mengalami dan tidak asing terhadap materi. Pembelajaran inkuiri beriorientasi pada keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, keterarahan kegiatan secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang ditemukan dalam proses inkuiri. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63458 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
AFFIEN FITRA PRAYUDI.pdf | 257.58 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.