Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63447
Title: Pengaruh Model PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan
Authors: MAULANA, Milla Minhatul
PRIHATIN, Jekti
FIKRI, Kamalia
Keywords: PjBL
BERPIKIR KREATIF
HASIL BELAJAR
PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Abad 21 menuntut manusia harus kreatif dalam mampu menciptakan solusi baru, menemukan prinsip baru dan penemuan baru, menciptakan cara baru untuk mengkomunikasikan gagasan baru, mampu kerjasama kelompok untuk memecahkan masalah yang rumit atau untuk menciptakan perangkat kompleks, menghasilkan jasa, dan produk-produk. Penerapan model PjBL pada penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dari penerapan model PjBL (Project-Based Learning) dengan model konvensional pada materi Pengelolaan Lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Balung Jember; (2) mengetahui pengaruh penerapan model PjBL (Project-Based Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Pengelolaan Lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Balung Jember; (3) mengetahui perbedaan hasil belajar afektif siswa dari penerapan model PjBL (Project-Based Learning) dengan model konvensional pada materi Pengelolaan Lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Balung Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Hasil yang didapatkan dari pembelajaran tersebut adalah terjadi pengaruh yang signifikan (F=6,39, db=1, p=0,01) dalam penerapan model PjBL (Project-Based Learning) terhadap hasil belajar kognitif dengan metode analisis kovarian (ANAKOVA). Selain itu hasil penelitian ini juga terjadi perbedaan yang signifikan (F=6,89, db=39,06, p=0,00) terhadap kemampuan berpikir kreatif serta terjadi perbedaan yang signifikan (F=3,87, =39,33, p=0,00) terhadap hasil belajar afektif menggunakan uji t (independent sample t test). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PjBL berpengaruh terhadap kemampan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Balung.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63447
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MILLA MINHATUL MAULA.pdf264.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.