Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63443
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Yayan Suryana, Suryana | - |
dc.contributor.author | Titik Sugiarti, Sugiarti | - |
dc.contributor.author | Sihono | - |
dc.date.accessioned | 2015-09-15T00:26:03Z | - |
dc.date.available | 2015-09-15T00:26:03Z | - |
dc.date.issued | 2014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63443 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran dikatakan baik jika kondisi pembelajaran aktif dan hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Terdapat suatu hubungan atau keterkaitan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang diperoleh. Menerapkan model pembelajaran yang efektif hakikatnya adalah upaya untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dan tidak terpenuhinya KKM yang ditentukan. Pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dipilih sebagai solusi untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran matematika dengan pokok bahasan volum kubus dan balok. Pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Pada pelaksanaannya, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen yang terdiri dari 5-6 siswa yang bekerjasama dan bertanggungjawab dengan tahapan: (1) persiapan; (2) penomoran (numbering); (3) pertanyaan (questioning) dan berpikir bersama (heads together); (4) pemberian jawaban (answering); (5) kesimpulan; (6) penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model adaptasi Hopkins, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), | en_US |
dc.subject | aktivitas belajar siswa, | en_US |
dc.subject | hasil belajar siswa | en_US |
dc.subject | hasil belajar siswa | en_US |
dc.subject | volum kubus dan balok | en_US |
dc.title | Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Siswa Kelas V c SDN Ajung 03 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MELINDA DWI PERTIWI.pdf | 260.84 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.