Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63442
Title: KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 3
Authors: Meka Mivtakhul Jannah*)
Bambang Soepeno
Keywords: Supervisi Klinis
Pembelajaran Sejarah
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Supervisi klinis merupakan suatu kegiatan supervisi yang terdiri dari tiga tahap yakni tahap perencanaan, pengamatan, dan analisis intelektual yang bertujuan untuk memperkecil jurang antara tingkah laku mengajar nyata dengan perilaku mengajar seharusnya / yang ideal serta berfungsi untuk meningkatan ketrampilan mengajar guru maupun yang masih menjadi calon guru. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa dari penilaian terhadap kompetensi pedagogik yang diperoleh pada pelaksanaan pra siklus, siklus I dan siklus II, yakni sebesar 62,28 pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 77,42 pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 82,14 pada siklus II. Ketrampilan guru dalam membimbing diskusi juga mengalami perbaikan. Pada siklus I, terlihat banyak siswa yang kurang memperhatikan dan kurang aktif dalam bertanya sehingga perlu dicari pemecahan terhadap permasalahan tersebut. Pada siklus II sudah ada peningkatan setelah pelaksanaan supervisi klinis. terlihat jumlah siswa yang bertanya meningkat dan hampir semua siswa kelas X IPS 3 memperhatikan pelajaran sejarah dengan baik. Nilai rata-rahasil belajar siswa ta kelas X IPS 3 juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebesar 79,05, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 79,73 dan meningkat kembali menjadi 80,54 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kontribusi supervisi klinis terhadap efektivitas pembelajaran di kelas X IPS 3 sangat besar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63442
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MEKA MIVTAKUL JANNAH.pdf270.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.