Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63441
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMeity Priskila, Priskila-
dc.contributor.authorSumarno-
dc.contributor.authorNurul Umamah, Umamah-
dc.date.accessioned2015-09-14T05:02:56Z-
dc.date.available2015-09-14T05:02:56Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63441-
dc.description.abstractTuntutan pembelajaran sejarah menurut kurikulum 2013 menuntut peserta didik mampu berpikir historis. Hal inilah yang menjadi dasar kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif agar peserta didik dapat memaknai peristiwa sejarah yang dipelajari. Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan peserta didik cenderung pasif dan kreativitasnya kurang terasah dengan optimal saat pembelajaran sejarah berlangsung. Hal ini disebabkan kurangnya variasi dalam memilih metode pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dipecahkan dengan merubah metode pembelajaran pendidik dengan menggunakan metode Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah menggunakan metode Project Based Learning pada peserta didik kelas X3 SMAN 1 Bondowoso. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan April sampai bulan Mei 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X3 SMAN 1 Bondowoso dengan jumlah 33 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian kreativitas belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh sebesar 56,36% dengan kategori kurang kreatif, pada siklus 2 meningkat 19,35% menjadi 67,27% dengan kategori cukup kreatif dan pada siklus 3 meningkat 11,93% menjadi 75,30% dengan kategori kreatif. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase 66,67%, pada siklus 2 meningkat 13,63% menjadi 75,75%, pada siklus 3 meningkat 8% menjadi 81,81%. Hasil belajar psikomotor pada siklus 1 sebesar 59,34%, pada siklus 2 meningkat 17,86% menjadi 69,94%, dan pada siklus 3 meningkat 10,12% menjadi 77,02%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning  dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas X3 SMAN 1 Bondowosoen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMetode Project Based Learningen_US
dc.subjectKreativitas Belajar Peserta Didiken_US
dc.subjectHasil Belajar Sejarahen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUKen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MEITY PRISKILA.pdf314.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.