Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63440
Title: STRATEGI MEMINTA : STUDI KASUS TINDAK TUTUR ANAK USIA 8 TAHUN
Authors: Mei Suliasih, Suliasih
Arju Muti'ah, Muti'ah
Anita Widjajanti, Widjajanti
Keywords: strategi meminta
konteks
cara pengekspresian
anak usia 8 tahun
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Tindak tutur meminta yang diujarkan oleh anak-anak merupakan fenomena bahasa yang khas milik anak-anak. Saat mengujarkan tuturan permintaannya anak-anak tidak serta merta langsung mengungkapkan permintaannya begitu saja, namun ada strategi tertentu yang digunakan untuk menunjang tuturan permintaannya supaya berhasil. Strategi meminta yang dilakukan oleh anak usia 8 tahun merupakan topik yang unik dan menarik untuk dikaji lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi meminta yang digunakan oleh anak usia 8 tahun berdasarkan pendayagunaan konteks dan cara pengekspresian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan lisan beserta konteksnya yang dilakukan oleh anak usia 8 tahun (Rahel Dimaresa). Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan lapang, dan rekam. Hasil penelitian menunjukkan ada lima pendayagunaan konteks yang ditemukan yaitu konteks tempat, konteks waktu, konteks suasana, konteks peristiwa, dan konteks orang sekitar, serta ada empat cara pengekspresian yaitu langsung literal, tak langsung literal, langsung tak literal, dan tak langsung tak literal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa anak-anak menggunakan lebih dari satu strategi dalam satu tuturan permintaan dan strategi yang paling banyak digunakan adalah strategi tak langsung literal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63440
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mei Suliasih.pdf271.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.