Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63434
Title: Pengembangan Tes Objektif Berbasis Digital Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi
Authors: Marthalita Dwi Theryssia, Theryssia
Titin Kartini, Kartini
Retna Ngesti, Ngesti
Keywords: Pengembangan Tes
Efektif
Efisien
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Tes objektif berbasis digital dikembangkan untuk siswa kelas X-AK2 mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan materi akun di SMK Negeri 1 Probolinggo. Pengembangan bertujuan menghasilkan tes objektif berbasis digital yang efektif dan efisien. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model prosedural yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Prosedur pengembangan dilakukan melalui empat langkah meliputi (1) pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; dan (4) penyebaran, tetapi peneliti tidak melakukan prosedur hingga tahap penyebaran. Uji coba tes dilakukan di satu kelas dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dosen dan pakar ahli dalam kaitannya tes objektif berbasis digital yang dikembangkan. Data yang diperoleh berasal dari data validasi tes dan hasil uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Efektivitas diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan hasil uji beda. Efisiensi diperoleh dari wawancara mengenai perbedaan standar waktu tes konvensional dengan tes berbasis digital. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa tes objektif berbasis digital efektif ditunjukkan oleh aktivitas siswa sangat baik, respon positif siswa, dan t-hitung > t-tabel yakni sebesar 14,931 > 2,028, sedangkan efisiensi ditunjukkan dengan penggunaan waktu tes berbasis digital lebih singkat dibandingkan tes konvensional.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63434
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MARTHALITA DWI THERYSSIA.pdf270.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.