Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63431
Title: Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (4E) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Biologi (Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 9 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014)
Authors: ELDAYANTI. Margi
PUJIASTUTIK
HARIANI,Sulifah Aprilya
Keywords: AKTIVITAS SISWA
HASIL BELAJAR SISWA
MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (4E).
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Learning Cycle (4E). Hasil yang didapatkan dari pembelajaran dengan menerapkan model Learning Cycle (4E) adalah terjadi peningkatan aktivitas belajar, pada pra siklus hasil yang didapatkan 53,14% (kriteria kurang aktif) meningkat menjadi 62,08% (kriteria cukup aktif) pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 75,38% (kriteria aktif). Hasil belajar yang didapat secara klasikal aspek kognitif meningkat pada pra siklus (6,67%), ke siklus I (43,33%) dan pada siklus II (70%), sedangkan aspek afektif pada siklus I 75,33%, dan meningkat pada sklus II menjadi 77,46%. Pada aspek psikomotorik semakin meningkat dengan persentase 71,67% pada siklus I pertemuan 2 dan meningkat menjadi 77,5% pada siklus II pertemuan 2. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle (4E) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63431
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MARGI ELDAYANTI.pdf336.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.