Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63406
Title: | IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU ANANDA UPTD SKB BONDOWOSO 2013/2014 |
Authors: | Muchibudin Farichi Hendra Wijaya, Wijaya Deditiani Tri Indrianti, Indrianti, |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran inkuiri Kemandirian anak usia dini |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Pendekatan pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pencapaian kemandirian seorang anak, hal ini disebabkan kemampuan anak bertindak dan mengambil keputusan yang dilakukan oleh seorang anak hanya mungkin dimiliki oleh anak yang mampu berfikir dengan saksama dengan tindakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran dalam mengimplentasikan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam membentuk kemandirian anak usia dini di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso 2013/2014. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data mereduksi data, pemaparan data, serta menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui implementasi pendekatan pembelajaran inkuiri dalam membentuk kemandirian anak ditunjukkan dengan pembelajaran yang berpusat pada anak yang merangsang anak didik untuk aktif mengajukan pertanyaan, serta kemandirian anak usia dini ditunjukkan dengan tingkat kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pendidik tanpa bantuan orang lain. Saran untuk orangtua anak didik yaitu hendaknya orangtua memberi kepercayaan kepada anak agar anak dapat mandiri, sedangkan untuk pendidik yaitu memberikan pengawasan secara penuh kepada masing-masing anak didik. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63406 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
M. MUCHIBUDIN FARICHI.pdf | 238.65 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.