Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63405
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLuxin Ardita Meris, Meris-
dc.contributor.authorSuhartiningsih-
dc.contributor.authorMisno A. Latif, Latif-
dc.date.accessioned2015-09-14T00:47:57Z-
dc.date.available2015-09-14T00:47:57Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63405-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dikarenakan kemampuan menulis narasi sugestif siswa masih rendah salah satunya diakibatkan karena siswa kurang antusias melakukan aktivitas menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian terdiri atas 36 siswa. Pengumpulan data penelitian ini meggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat dari siklus I ke siklus II pada presentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 69,4% dan presentase ketuntasan belajar siklus II sebesar 89% sehingga mengalami peningkatan 19,6%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,2 dan pada siklus II sebesar 73,6 sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,4.en_US
dc.publisherJEMBERen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif tipe STADen_US
dc.subjectkemampuan menilis narasi siswaen_US
dc.subjectpenelitian tindakan kelasen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIFen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LUXIN ARDITA MERIS.pdf262.63 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.