Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63400
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLuhlul Kustiyani, Kustiyani-
dc.contributor.authorSusanto-
dc.contributor.authorSusi Setiawani, Setiawani-
dc.date.accessioned2015-09-11T03:34:18Z-
dc.date.available2015-09-11T03:34:18Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63400-
dc.description.abstractKesulitan belajar mata pelajaran Matematika disebabkan oleh faktor-faktor yang berasal baik dari dalam diri siswa (internal) dari luar diri siswa (eksternal). Faktor internal yang dapat menyebabkan kesulitan belajar di antaranya karena faktor kesehatan, ketidak sempurnaan fisik, intelegensi, minat, motivasi, konsentrasi, dan kebiasaan belajar. Sedangkan faktor eksternal di antaranya karena pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran Matematika siswa MA Nahdlatul Arifin Ambulu Jember tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menyatakan bahwa: faktor biologis diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 15 siswa atau 19 % dari sampel, 37 siswa atau 47 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor psikologis diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 10 siswa atau 13 % dari sampel, 49 siswa atau 63 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan sekolah diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 14 siswa atau 18 % dari sampel, 47 siswa atau 60 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan keluarga diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 15 siswa atau 19 % dari sampel, 48 siswa atau 62 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel; faktor lingkungan masyarakat diperoleh dari jumlah terbanyak untuk kelompok atas, sedang dan rendah adalah 14 siswa atau 18 %, 39 siswa atau 50 % dari sampel, dan 6 siswa atau 8 % dari sampel.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectFaktor penyebaben_US
dc.subjectkesulitan belajar Matematikaen_US
dc.titleANALISIS DESKRIPTIF FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MA NAHDLATUL ARIFINen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LUHLUL KUSTIYANI.pdf264.87 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.