Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63376
Title: PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI 
Authors: Khalinda Kusuma Mamanggi, Mamanggi
Joko Widodo, Widodo
Sri Wahyuni, Wahyuni,
Keywords: Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua
Motivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan pengaruh latar belakang sosial ekonomi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Jember tahun ajaran 2013/2014. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu pada SMA Negeri 4 Jember yang terletak di Jl. Hayam Wuruk No.145 Jember. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode Random Sampling, yaitu sebanyak 60 siswa kelas XII SMA Negeri 4 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh latar belakang sosial ekonomi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Jember tahun ajaran 2013/2014 sebesar 78,8%. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua itu tinggi maka motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi akan tinggi pula.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63376
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
KHALINDA KUSUMA MAMANGGI.pdf271.77 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.