Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63374
Title: Penerapan Strategi Think-Talk-Writedengan Media Audio Visual untuk
Authors: Damayanti, karunia puspits
Muchtar, imam
Mardiati, yayuk
Keywords: Strategi Think-Talk-Write
media audio visual
aktivitas belajar siswa
hasil belajar siswa
kebebasan berorganisasi
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Pembelajaran PKn di kelas VB SDN Mangli 01 Jember masih belum memiliki inovasi pembelajaran dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif. Hal ini menyebabkan aktivitas siswa yang masih kurang maksimal dan data nilai hasil belajar harian siswa yang kurang memuaskan . Berdasarkan masalah tersebut, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan Strategi Think-Talk-Writedengan Media Audio Visual sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mengajak siswa untuk berperan aktif dan melatih siswa untuk mengembangkan pemikirannya dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB menggunakan Strategi Think Talk Write dengan Media Audio Visual pada pembelajaran PKn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi di SDN Mangli 01 Jember . Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SDN Mangli 01 dengan jumlah siswa laki-laki 16 siswa dan 22 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan baik pada skor aktivitas siswa dan rata-rata skor hasil belajar siswa. Secara klasikal, skor pencapaian aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 45,23 (cukup aktif), meningkat pada siklus I yaitu 65,13(aktif), mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 86,51(sangat aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus hanya 68,89 (cukup baik), mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75,37 (baik), dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 81,79(sangat baik). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas menerapkan strategi Think-Talk-Write dengan media audio visual adalah peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63374
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
KARUNIA PUSPITA DAMAYANTI.pdf271.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.