Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63363
Title: | Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVa dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Tamanan 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014 |
Authors: | Ismaniar Nurul Fitra, Fitra Yayuk Mardiati, Mardiati Chumi Zahroul Fitriyah, Fitriyah |
Keywords: | METODE INKUIRI BERPIKIR KRITIS HASIL BELAJAR |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menerapkan metode inkuiri. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode inkuiri dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA di SDN Tamanan 2 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal meningkat menjadi 67 dan siklus 2 menjadi 69. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus 1 sebesar 64 dan pada siklus 2 sebesar 70. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Tamanan 2 Bondowoso. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63363 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ISMANIAR NURUL FITRA.pdf | 260.34 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.