Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63320
Title: | Motivasi Warga Belajar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis, dan Berhitung di Keaksaraan Fungsional Anggur Dusun Karangrejo Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember |
Authors: | Indah Qurrotul Aini, Aini H.AT.Hendrawijaya Deditiani Tri Indrianti, Indrianti |
Keywords: | Motivasi intrinsik motivasi ekstrinsik Keaksaraan Fungsional |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Program Keaksaraan Fungsional adalah sebuah pendekatan untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam menguasai kemampuan membaca, menulis, berhitung, mengamati dan menganalisis persoalan yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan potensi yang ada pada diri dan lingkungannya. Hasil dari penelitian ini adalah motivasi yang paling kuat dari warga belajar KF Anggur sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan membaca menulis dan berhitung adalah motivasi instrinsik karena semua motivasi instrinsik dapat menjadi alat pendorong bagi warga belajar dalam mengikuti kegiatan belajar. Sebagian besar motivasi ekstrinsik juga dapat menjadi alat pendorong warga belajar untuk mengikuti kegiatan belajar di KF Anggur sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan membaca menulis dan berhitung. Kesimpulan dari penelitian ini yakni Motivasi yang paling kuat sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan membaca menulis dan berhitung adalah motivasi instrinsik karena semua motivasi instrinsik dapat menjadi alat pendorong bagi warga belajar dalam mengikuti kegiatan belajar. Saran peneliti yaitu tutor hendaknya dapat memberikan motivasi kepada warga agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63320 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
HIMA KARIMA.pdf | 245.12 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.