Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63308
Title: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Rowotamtu 02 Jember pada Pokok Bahasan Peristiwa Alam Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: Syahriyatul Mukarromah, Anis
Nuriman
Agustiningsih
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah
aktivitas siswa
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Rowotamtu 02 Jember pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPA di SDN Rowotamtu 02 Jember adalah guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri selama proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Jember yang terdiri atas 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Dengan model pembelajaran berbasis masalah, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan pengetahuannya sendiri dengan cara menganalisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan nyata yang erat dengan kehidupan siswa. Aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 29,9%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63308
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anis Syahriyatul Mukarromah,.pdf259.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.