Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63303
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHani Wijayanti, Bambang Hari , Hety Mustika Ani-
dc.contributor.authorHani Wijayanti, Wijayanti-
dc.contributor.authorBambang Hari, Hari-
dc.contributor.authorHety Mustika Ani, Ani-
dc.date.accessioned2015-09-01T04:28:45Z-
dc.date.available2015-09-01T04:28:45Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63303-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal objektif UAS semester genap kelas VII pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 3 Balung. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas isi, analisis reliabilitas, analisis tingkat kesukaran, dan analisis daya pembeda. Hasil analisis data menunjukkan kualitas butir soal ditinjau dari validitas isi sudah sesuai dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD), ditinjau dari validitas butir soal terdapat 46 soal (92%) yang valid dan 4 soal (8%) tidak valid, reliabilitas soal termasuk soal reliabel, tingkat kesukaran soal terdapat 24 soal (48%) termasuk kategori mudah, 20 soal (40%) kategori sedang, dan 6 soal (12%) termasuk kategori sukar, serta daya pembeda soal terdapat terdapat 27 soal (56%) termasuk kategori jelek dan 18 soal (36%) termasuk kategori cukup dan 5 soal (10%) termasuk kategori baik. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa butir soal UAS semester genap kelas VII pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 3 Balung apabila ditinjau dari validitas isi sudah baik, untuk validitas butir soal tergolong kategori tinggi, untuk tingkat reliabilitas soal termasuk kategori tinggi, sedangkan tingkat kesukaran soal termasuk kategori mudah, serta daya pembeda soal termasuk kategori jelek.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectanalisis butir soal objektifen_US
dc.subjectUASen_US
dc.subjectilmu pengetahuan sosialen_US
dc.titleANALISIS BUTIR SOAL BJEKTIF UAS SEMESTER GENAP KELAS VIIen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HANI WIJAYANTI.pdf273.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.