Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63263
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Kaliwates 02 Jember
Authors: KEMALSARI, Gaberila Dewi
IRVAN, Muhtadi
MUCHTAR, Imam
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHERogether (NHT), PENELITIAN TINDAKAN KELAS
AKTIVITAS BELAJAR
HASIL BELAJAR
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT)
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Issue Date: 2014
Publisher: unej
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwates 02 Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn pokok bahasan bentuk-bentuk keputusan bersama. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah guru kurang menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V masih tergolong dalam kategori cukup. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 31 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) selama dua siklus. Aktivitas belajar kategori siswa cukup terjadi peningkatan 32,26%  dari 32,26% (siklus I) menjadi 0% (siklus II). Aktivitas belajar kategori siswa aktif mengalami peningkatan sebesar 22,57% dari 67,74% (Siklus I) menjadi 45,17% (siklus II). Aktivitas belajar kategori siswa sangat aktif terjadi peningkatan sebesar 54,83% dari 0% (siklus I) menjadi 54,83% (siklus II). Sedangkan hasil belajar siswa dengan kategori kurang terjadi peningkatan sebesar 12,9% dari 12,9% (siklus I) menjadi 0% (siklus II). Pada kategori hasil belajar siswa cukup tidak terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa kategori baik terjadi peningkatan sebesar 16,13% dari 29,03 (siklus I) menjadi 12,9% (siklus II). Hasil belajar siswa kategori sangat baik mengalami peningkatan sebesar 29,03% dari 41,94% (siklus I) menjadi 70,97% (siklus II).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63263
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
GABERILA DEWI KEMALASARI.pdf196.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.