Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63243
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Muhammad Sulthon | - |
dc.contributor.author | Iis Nur Asyiah | - |
dc.contributor.author | Sulifah Aprilya, H | - |
dc.date.accessioned | 2015-08-28T08:59:07Z | - |
dc.date.available | 2015-08-28T08:59:07Z | - |
dc.date.issued | 2015-08-28 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63243 | - |
dc.description | Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian dengan judul ”Desain Kurikulum Muatan Lokal sebagai Upaya Konservasi Pengetahuan Etnobotani Suku Osing di Kabupaten Banyuwangi” dilakukan dengan tujuan jangka panjang implementasi desain materi kurikulum muatan lokal pengetahuan etnobotani suku Osing pada tingkat Sekolah Menengah Atas di Banyuwangi sehingga bisa melestarikan pengetahuan etnobotani yang dimiliki oleh suku Osing. Pada tahun kedua dilakukan uji coba desain materi kurikulum muatan lokal skala luas di 2 sekolah tingkat SLTA. Hasil uji coba skala luas digunakan sebagai bahan rekomendasi kurikulum tingkat kabupaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata validasi oleh seluruh validator mencapai di atas 75% dan nilai ini termasuk kategori sangat valid. Artinya modul siap dimanfaatkan untuk pembelajaran sebenarnya., 2) Hasil uji keterbacaan keterbacaan modul oleh siswa secara keseluruhan berada pada kategori setuju artinya siswa memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul dan tertarik dengan tampilan modul, 3) Hasil uji keterbacaan menggunakan Cloze Test Procedure kepada siswa menunjukkan bahwa peserta tes termasuk dalam kategori pembaca independent atau pembaca bebas sehingga produk dapat langsung digunakan, 4) Hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan modul, dan 5) Hasil analisis angket respon siswa secara umum memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang artinya siswa sudah dapat memahami bahan ajar yang dikembangkan. Kata kunci : etnobotani, kurikulum, muatan lokal, Using, Banyuwangi | en_US |
dc.publisher | FKIP'14 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Fundamental;138 | - |
dc.subject | etnobotani | en_US |
dc.subject | kurikulum | en_US |
dc.subject | muatan lokal | en_US |
dc.subject | Using | en_US |
dc.subject | Banyuwangi | en_US |
dc.title | DESAIN KURIKULUM MUATAN LOKAL SEBAGAI UPAYA KONSERVASI PENGETAHUAN ETNOBOTANI SUKU OSING DI KABUPATEN BANYUWANGI | en_US |
Appears in Collections: | LRR-Hibah Fundamental |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
M.Sulthon_Fundamental_138.pdf | 613.2 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.