Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63232
Title: ANALISIS USAHA FRANCHISE BAKSO KEPALA SAPI (Studi Kasus pada Franchise Bakso Kepala Sapi di Jalan Soekarno-Hatta Kota Probolinggo)
Authors: Fifi Afiah Agustina, Agustina
Sukidin
Pudjo Suharso
Keywords: franchise
pengelolaan usaha
pesaing
belum balik modal.
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan usaha dan faktor-faktor yang menyebabkan franchise Bakso Kepala Sapi di Jalan Soekarno-Hatta Kota Probolinggo masih tetap bertahan meski belum bisa balik modal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan penentuan lokasi yaitu purposive area. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan dokumen, data yang telah terkumpul kemudian direduksi, didisplay, disimpulkan, dan diuji keabsahannya melalui teknik triangulasi menggunakan tiga pendekatan metode yang berbeda sebagai pembanding sehingga menjadi sebuah informasi ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu dalam hal Pembiayaan franchise pada Bakso Kepala Sapi ada beberapa komponen biaya seperti komponen biaya investasi dan komponen biaya produksi. Biaya-biaya tersebut yang harus dibayarkan oleh pemilik franchise pada saat pembukaan usahanya. Dalam hal perekrutan karyawan pada franchise Bakso Kepala Sapi memiliki kriteria-kriteria tertentu. Dalam hal penyajian pada franchise Bakso Kepala Sapi memperhatikan hal-hal seperti metode, higienitas, esstetika dan etika, agar kualitas produk tetap terjaga dan memiliki mutu yang baik sesuai dengan standart mutu yang telah ditetapkan oleh pihak franchisor. Dalam hal pelayanan pada franchise Bakso Kepala Sapi masih kurang dalam hal penyajian produk yang memakan waktu cukup lama, namun dalam hal fasilitas tempat dan lainnya sudah dikatakan baik. Dan yang terakhir yaitu mengenai faktor-faktor yang menyebabkan franchise Bakso Kepala Sapi masih belum bisa balik modal diantaranya biaya-biaya yang dikeluarkan untuk usaha tersebut cukup besar sehingga menyebabkan omset yang diperoleh kecil dan tidak sesuai target dari franchisor . Selain itu, karena adanya pesaing yang memiliki konsumen lebih banyak dan segmen pasar yang sama sehingga juga meyebabkan omset yang diperoleh kecil.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63232
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FIFI AFIAH AGUSTINA.pdf262.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.