Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63205
Title: Penerapan Strategi Pembelajaran PAIKEM dengan Media Nyata untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas II SDN Sumbersari 03 Jember
Authors: ILMI, Fatthunia Oryza
MUHTADI, Irvan
AGUSTININGSIH
Keywords: SRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM
MEDIA NYATA
AKTIVITAS BELAJAR
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas II SDN Sumbersari 03 Jember. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang dilakukan pada tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran PAIKEM dengan media nyata menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA kelas II SDN Sumbersari 03 Jember meningkat. Hal tersebut ditunjukan dari hasil analisis data observasi aktivitas belajar siswa. pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,77% dengan kriteria aktif dan pada siklus II meningkat 13,06% menjadi 80,83% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar pada siklus I rata-rata kelas sebesar 76,66 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 12,74 menjadi 89,4 dengan kriteria sangat baik. Siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yakni sebanyak 29 siswa dengan persentase sebesar 96,66%.. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PAIKEM dengan media nyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas II SDN Sumbersari 03 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63205
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FATTHUNIA ORYZA ILMI.pdf325.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.