Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63169
Title: KONTRIBUSI METODE MENGAJAR TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL
Authors: Dyan Anjar Dwi, Dwi
AT.Hendra Wijaya, Wijaya,
Niswatul Imsiyah, Imsiyah
Keywords: Metode Mengajar Tutor
Motivasi Belajar Warga Belajar
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Metode mengajar merupakan strategi pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: adanya kontribusi metode mengajar tutor terhadap motivasi belajar warga belajar Keeaksaraan Fungsional Rasa Mala 14 di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan berjenis korelasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, dokumentasi dan observasi, analisis data yaitu dengan tata jenjang. Hasil dari penelitian bahwa metode mengajar yang diterapkan tergolong jenis metode ceramah, ternyata mempunyai kontribusi yang besar serta mempengaruhi bagi motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik warga belajar. Begitu halnya jika tutor memberikan metode mengajar demonstrasi terhadap warga belajar. Motivasi belajar pada warga belajar yaitu motivasi instrinsik meliputi kesadaran diri pada warga belajar yang terlihat pada saat warga belajar memperlihatkan kemampuannya dalam hal meningkatkan serta mengembangkan pengetahuannya huruf, angka, dan sebagainya; motivasi ekstrinsik yang meliputi memberikan nasihat serta semangat pada warga belajar saat proses belajar mengajar dengan memberikan hadiah atau pujian.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63169
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dyan Anjar Dwi Friantoro.pdf247.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.