Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63161
Title: | Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Mading untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar |
Authors: | AMINAWATI, Dwi FITRIYAH, Chumi Zahroul RAHAYU |
Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT), MEDIA MADING MOTIVASI BELAJAR SISWA HASIL BELAJAR SISWA PERANAN TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Motivasi belajar merupakan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah jenis pembelajaran yang dirancang agar siswa mampu bekerjasama dalam kelompok yang terdiri dari 4-6 orang dan saling berbagi ide untuk menyelesaikan tugas akademik dengan tanggungjawab masing-masing. Metode pembelajaran tidak selalu dapat mengatasi masalah pembelajaran, diperlukan pula media agar siswa lebih mudah menerima materi yang diajarkan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan secara kooperatif adalah media mading. Mading sebagai sarana/ tempat informasi hasil kreativitas siswa berupa tulisan deskripsi peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Pada pelaksanaannya, tahapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media mading adalah: (1) persiapan, (2) penomoran (numbering), (3) pertanyaan (questioning) dan berpikir bersama (heads together) meliputi menjawab pertanyaan pada media mading, (4) pemberian jawaban (answering) meliputi mempresentasikan isi mading, (5) kesimpulan, dan (6) memberi penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model adaptasi Hopkins, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media mading dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63161 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DWI AMINAWATI.pdf | 263.3 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.