Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63160
Title: | KONTRIBUSI KURSUS MELUKIS TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DI SANGGAR SENI BANITAS |
Authors: | Djodik Wirabuana, Djodik Hendra Wijaya, Hendra Niswatul Imsiyah, Niswatul |
Keywords: | Kursus Melukis Peningkatan Kreativitas Anak |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Kursus melukis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak, karena kreativitas anak menjadi faktor penting dalam perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: adanya kontribusi kursus melukis terhadap peningkatan kreativitas anak di Sanggar Seni BANITAS Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi, analisis data yaitu dengan tata jenjang. Hasil dari penelitian bahwa keterampilan berfikir lancar, keterampilan berfikir luwes, dan keterampilan berfikir orisnil, di antaranya yang mempunyai tingkat pengaruh yang cukup dan kuat sehingga mempunyai pengaruh bagi ketiga aspek perkembangan tersebut. Tidak dipungkiri bahwa langkah dan metode dalam kursus melukis dapat meningkatkan kreativitas pada anak, kursus melukis memiliki hubungan dengan peningkatan kreativitas anak, baik itu perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Maksudnya adalah kursus melukis mempunya rangkaian peranan dalam peningkatan kreativitas anak yang didalamnya terdapat meliputi keterampilan proses berfikir lancar, keterampilan berfikir luwes, dan keterampilan berfikir orisini. Peningkatan kreativitas pada anak dapat ditingkatkan semaksimal mungkin dengan mengikuti kursus di Sanggar Seni BANITAS Kabupaten Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63160 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Djodik Wirabuana.pdf | 253.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.