Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63127
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Dewi Masyitoh, Dewi | |
dc.contributor.author | Rusdhianti Wuryaningrum, Rusdhianti | |
dc.contributor.author | Mujiman Rus Andianto, Mujiman | |
dc.date.accessioned | 2015-08-21T07:45:05Z | |
dc.date.available | 2015-08-21T07:45:05Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63127 | |
dc.description.abstract | Peribahasa merupakan salah satu materi penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berkaitan langsung dengan pengembangan karakter siswa. Setiap peribahasa mengandung nilai moral di dalamnya. Peribahasa akan mudah dipahami bila digunakan dalam konteks yang tepat, namun pembelajaran peribahasa di sekolah tidak maksimal karena tidak semua guru mampu memberikan contoh penggunaan peribahasa sesuai dengan konteksnya. Oleh karena itu, penggunaan media komik berbasis komputer pada maetri peribahasa penting dilakukan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan dan menerapkan media komik peribahasa berbasis komputer yang memiliki kualitas baik dan efektifitas yang baik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan rancangan kuantitatif-deskriptif.Penelitian ini berorientasi pada penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media komik berbasis komputer. Desain dari penelitian ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D (define, design, dan develop). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data validasi logis, data validasi empiris, data observasi, dan data efektifitas. Nilai validasi logis sebesar 3,38 (valid secara logis), nilai validasi empiris adalah 4,08 (valid secara empiris) dan nilai efektifitas adalah 44% (cukup efektif). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media komik peribahasa berbasis komputer yang valid secara logis, valid secara empiris, dan cukup efektif. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | peribahasa | en_US |
dc.subject | media komik berbasis komputer | en_US |
dc.subject | 4-D define design develop dan disseminate | en_US |
dc.subject | data logis | en_US |
dc.subject | data empiris | en_US |
dc.subject | data efektifitas. | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KOMPUTER | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DEWI MASYITOH.pdf | 269.88 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.