Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63120
Title: Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Pohon Jaringan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di Lingkungan Setempat di SDN Jomerto 02 Jember
Authors: RAHMAN, Afifauqi
RAHAYU
SIHONO
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR
HASIL BELAJAR
MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP POHON JARINGAN
PENERAPAN
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jomerto 02 Jember dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran peta konsep pohon jaringan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang bersemangat dalam megikuti pelajaran. Siswa cenderung bersikap pasif, enggan untuk bertanya apabila ada kesulitan dan hasil belajar siswa kelas IV masih tergolong rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 27 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran peta konsep pohon jaringan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Jomerto 02 Jember. Pada siklus I persentase siswa yang sangat aktif sebesar 19% kemudian mengalami peningkatan sebesar 7% menjadi 26% pada siklus II. Siswa yang aktif pada tindakan siklus I sebesar 52% dan mengalami peningkatan sebesar 11% pada tindakan siklus II menjadi 63%. Siswa yang cukup aktif sebesar 18% pada siklus I dan mengalami penurunan sebesar 7% menjadi 11 % pada siklus II. Siswa yang yang kurang aktif pada siklus I sebesar 11% dan mengalami penurunan pada tindakan siklus II menjadi 0%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I berjumlah 71,33 dengan kategori baik dan pada siklus II menjadi 75,03 dengan kategori baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep pohon jaringan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jomerto 02 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63120
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AFIFAUQI RAHMAN.pdf283.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.