Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63105
Title: PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERYTERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELBUK
Authors: Laily Rachmia S, Laily
Indrawati, Indrawati
Sri Wahyuni, Sri
Keywords: model pembelajaran guided discovery
keterampilan proses sains
hasil belajar IPA-fisika
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini berfokus pada implementasi model guided discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Jelbuk,(2) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan post-test only control group design. Teknik mengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan t–test. Hipotesis dari penelitian ini, yaitu: 1) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 dan, 2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAfisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk . Pada penelitian ini diperoleh, 1)nilai p(signifikansi)keterampilan proses sains adalah 0,0020,05 artinya Haditerima; 2)nilai p(signifikansi) hasil belajar IPA-fisika siswa adalah 0,001 0,05 artinya Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SM P Negeri 1 Jelbuk, dan (2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarIPA-fisika siswa kelas VII SMPNegeri 1 Jelbuk.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63105
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Laily Rachmia.pdf167.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.