Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63105
Title: | PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERYTERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELBUK |
Authors: | Laily Rachmia S, Laily Indrawati, Indrawati Sri Wahyuni, Sri |
Keywords: | model pembelajaran guided discovery keterampilan proses sains hasil belajar IPA-fisika |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini berfokus pada implementasi model guided discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Jelbuk,(2) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan post-test only control group design. Teknik mengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan t–test. Hipotesis dari penelitian ini, yaitu: 1) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 dan, 2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAfisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk . Pada penelitian ini diperoleh, 1)nilai p(signifikansi)keterampilan proses sains adalah 0,0020,05 artinya Haditerima; 2)nilai p(signifikansi) hasil belajar IPA-fisika siswa adalah 0,001 0,05 artinya Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SM P Negeri 1 Jelbuk, dan (2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarIPA-fisika siswa kelas VII SMPNegeri 1 Jelbuk. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63105 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Laily Rachmia.pdf | 167.6 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.