Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63104
Title: | PENGARUH METODE OUTBOUNDTERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD CAHAYA NURANI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014 |
Authors: | Umi Faizah, Umi Khutobah Deditiani Tri Indrianti |
Keywords: | PAUD metode outbound kecerdasan kinestetik |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar bagi pembentukan sumber daya manusia di masa mendatang. Dalam proses fakta di lapangan sering ditemukannya guru kesulitan memfasilitasi anak yang memiliki keunikan energi berlebih. Anak dengan keunikan seperti itu memiliki ciri tidak dapat duduk tenang dalam waktu yang lama, senang bergerak bebas, tertarik pada permainan yang sifatnya menantang dan memerlukan gerak tubuh. Anak tersebut belajar dengan kecerdasan kinestetik yaitu belajar dengan menggunakan tubuhnya lebih dominan. Metode outboundsalah satu metode yang dapat memfasilitasi anak dengan keunikan tersebut. Karena metode outboundpraktek langsung terhadap sebuah kejadian membuat anak dengan mudah menyerap pengetahuan yang ia alami sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outboundterhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak pada kelompok bermain PAUD Cahaya Nurani Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode outbound. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode outboundmemiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak PAUD Cahaya Nurani Jember. Selain itu Metode outbound dalam proses pembelajaran langsung diterapkan dan penerapannya sangat terstruktur, kurikulumnya jelas disesuaikan dengan kebutuhan anak. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63104 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Umi Faiziah.pdf | 244.96 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.