Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63098
Title: Penerapan Teori Bruner dalam Metode Diskusi Kelompok
Authors: SWARTIKA, Cindy Wilis
SUGIARTI, Titik
LATIF, Misno A.
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR SISWA
HASIL BELAJAR SISWA
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Teori Bruner dalam Metode Diskusi
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan teori Bruner dalam metode diskusi kelompok. Hal ini dikarenakan di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah yang salah satunya disebabkan karena kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang melalui penerapan teori Bruner dalam metode diskusi kelompok. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,50% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,21% dengan kategori aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,64 dan pada siklus II meningkat menjadi 71,54 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori Bruner dalam metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa III dalam pembelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63098
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CINDY WILIS SWARTIKA.pdf277.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.