Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63081
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArlyn Syantika Dora Vellani-
dc.contributor.authorImam Muchtar, Imam-
dc.contributor.authorKhutobah, Khutobah-
dc.date.accessioned2015-08-21T01:04:19Z-
dc.date.available2015-08-21T01:04:19Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63081-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Pujerbaru 1 Bondowoso dengan tujuan untuk menerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division dengan media (Kokami) kotak kartu misteri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran PKn tema harga diri . Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media pembelajaran, aktivitas siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, tidak berani bertanya tentang materi yang kurang dimengerti dan hasil belajar siswa kelas III masih tergolong kurang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 27 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division dengan media (Kokami)kotak kartu misteri selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Pujerbaru 1 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 68,88% dan siklus 2 mencapai 81,48%. Aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 12,60%. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9,85%, yaitu dari 67,59% menjadi 77,44%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Divisiondengan media (Kokami)kotak kartu misteri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas III SDN Pujerbaru 1 Bondowoso.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecthasil belajar,en_US
dc.subjectaktivitas belajaren_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif tipe STADen_US
dc.subjectmedia Kokamien_US
dc.subjectpenerapanen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievementen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARLYN SYANTIKA DORA VELLANI.pdf266.31 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.