Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63072
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas
Authors: Arief Prasetio Windarto, Arief
Imam Muchtar, Imam
Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi
Keywords: HASIL BELAJAR
AKTIVITAS BELAJAR
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKn tema rekreasi Tahun Pelajaran 2013/2014. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran yang selama ini digunakan guru kurang inovatif sehingga menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A pada mata pelajaran PKn belum mencapai standar proses pembelajaran yang baik sesuai pada standar pencapaian dalam KTSP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 42 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A SDN Sumbersari 01 Jember. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 41,67 dengan kategori cukup aktif, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 69,94 dengan kategori aktif, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 81,25 dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 39,58. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 69,76 dengan kategori cukup baik, pada siklus I sebesar 84,95 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus II sebesar 85,58 dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 15,83.Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 pada mata pelajaran PKn tema rekreasi di SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63072
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARIEF PRASETIO WINDARTO.pdf298.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.