Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63070
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Aprilia Vindi Cahyaning, Aprilia | - |
dc.contributor.author | Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi | - |
dc.contributor.author | Rahayu, Rahayu | - |
dc.date.accessioned | 2015-08-20T02:16:11Z | - |
dc.date.available | 2015-08-20T02:16:11Z | - |
dc.date.issued | 2014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63070 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember dengan tujuan untuk m enerapkan metode sosiodrama agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Kebonsari 03 Jember . Hal ini dikarenakan siswa masih kurang antusias dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPS seperti; dalam pembelajaran IPS siswa menunjukkan sikap yang pasif, misalnya kurang memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru dan jarang menanyakan materi yang belum mereka pahami, serta masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi angket dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor motivasi belajar siswa siklus I berdasarkan data angket 73,6 (kategori tinggi), mengalami peningkatan 5,7 pada siklus II menjadi 79,3 (kategori tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70,8 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 80,4(kategori sangat baik). | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Penelitian Tindakan Kelas, | en_US |
dc.subject | Metode Sosiodrama | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
APRILIA VINDI CAHYANING.pdf | 461.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.