Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63064
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnisa Haryati, Anisa-
dc.contributor.authorMisno A. Latif, Misno-
dc.contributor.authorHari Satrijono, Hari-
dc.date.accessioned2015-08-20T01:56:32Z-
dc.date.available2015-08-20T01:56:32Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63064-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tegalsari 04 Ambulu Jember mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan metode bermain peran . Di SDN ini ditemukan permasalahan bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa tidak terbiasa tampil berbicara di depan kelas. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian 22 siswa; terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. M etode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Tegalsari 04 Ambulu Jember mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari 23% pada pra siklus menjadi 49% pada siklus I dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 91% pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbcara siswa kelas V SDN Tegalsari 04 Ambulu Jemberen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmetode bermain peranen_US
dc.subjectketerampilan berbicaraen_US
dc.titlePenerapan Metode Bermain Peranen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANISA HARYATI.pdf276.1 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.