Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63012
Title: Penerapan Metode Penemuan dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Panca Indera Manusia di Kelas IV Sd Negeri Kaliwining 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: Surya Dharma Suwara, Yayan
Nuriman
Agustiningsih
Keywords: Metode Penemuan
aktivitas siswa
hasil belajar
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: Artikel Ilmah Mahasiswa
Abstract: Penelitian ini memaparkan proses pembelajaran menggunakan metode penemuan pada materi panca indera manusia yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPA di SDN Kaliwining 01 Jember yaitu selama pembelajaran berlangsung, komunikasi hanya terjadi 1 arah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember yang terdiri dari 46 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Metode penemuan ini dapat membuat siswa terlibat aktif menemukan pengetahuannya sendiri, termotivasi dalam belajar, dan mendapat pengetahuan yang kokoh, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah dilakukan tindakan dengan metode penemuan, tahap siklus I persentase keaktifan siswa secara klasikal sebesar 63,16%, sedangkan rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 70,2 dengan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 33 siswa dari 46 siswa yang ada, dan pada siklus II persentase keaktifan siswa secara klasikal sebesar 70,77%, sedangkan rata-rata hasil belajar secara klasikal menjadi 80,2 dengan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 35 siswa. Jadi, metode penemuan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63012
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yayan Surya.pdf255.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.