Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63010
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFatimah, Fatimah-
dc.contributor.authorBambang Suyadi, Bambang-
dc.contributor.authorDra. Retna Ngesti Sedyati, Retna M.P-
dc.date.accessioned2015-08-04T03:44:49Z-
dc.date.available2015-08-04T03:44:49Z-
dc.date.issued2013-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63010-
dc.description.abstractPenelitian tentang pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar akuntansi dilandasi oleh pemikiran bahwa kemampuan penalaran memiliki peranan yang sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode random sampling pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi. Data diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi untuk meraih data tentang jumlah siswa kelas X Program Keahlian akuntansi, nama siswa, nilai tes penalaran siswa, dan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran akuntansi; observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran untuk mendapatkan data tambahan tentang kemampuan penalaran siswa sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kesimpulan penelitian; serta wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran mata pelajaran akuntansi dan kemampuan penalaran siswa kelas X Program Keahlian akuntansi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data menggunakan uji F menghasilkan Fhitung (173,287) dengan tingkat signifikansi 0.000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 76,2% yang berarti bahwa variabel kemampuan penalaran memberikan proporsi sumbangan sebesar 76,2% terhadap hasil belajar akuntansi.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectKemampuan Penalaran,en_US
dc.subjectHasil Belajar Akuntansi,en_US
dc.subjectSMK Negeri 1 Jemberen_US
dc.titlePengaruh Kemampuan Penalaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fatimah.pdf284.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.