Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63002
Title: Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Kertosari 02 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: Sandra Dewi, Melia
Sugiarti, Titik
Khutobah
Keywords: pecahan
metode discovery learninNG
aktivitas siswa
hasil belajar siswa.
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini mendeskripsikan proses belajar mengajar yang menggunakan metode discovery learning pada materi pecahan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran matematika di SDN Kertosari 02 Pakusari Jember yakni pembelajaran berpusat pada guru, metode yang sering digunakan oleh guru adalah ceramah dan pemberian tugas. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas 4 SDN Kertosari 02 Pakusari Jember yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, tindakan pengajaran dan pembelajaran dilakukan oleh peneliti (guru). Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dengan metode discovery learning, siswa dengan bimbingan guru menemukan sendiri konsep pecahan sehingga pengetahuan yang didapat siswa tidak mudah hilang. Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63002
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Melia Sandra Dewi.pdf247.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.