Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63000
Title: Penerapan Metode Brainstorming dengan Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Keputusan Bersama di SDN Wirolegi 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: KUSUMAWARDANI, Yeni
MUCHTAR, Imam
FITRIYAH, Chumi Zahroul
Keywords: SUMBANG SARAN
SIMULASI
AKTIVITAS
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA
Abstract: Pembelajaran PKn merupakan pembelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945 Namun, pembelajaran PKn yang dilaksanakan di Sekolah Dasar saat ini cenderung guru yang aktif dalam proses pembelajaran dan jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat dan bekerja sama, sehingga pembelajaran cenderung pasif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode brainstorming dengan simulasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Wirolegi 01 Jember. Pada siklus 1, pembelajaran dimulai dengan membagi siswa dalam 4 kelompok yang masingmasing kelompok terdiri dari 5-6 orang. Setiap kelompok melakukan simulasi. Kemudian setiap perwakilan kelompok mengemukakan pendapat dari simulasi yang dilakukan. Pada siklus 1, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 74% dan hasil belajar siswa mencapai 75%. Pada siklus 2 yang merupakan kegiatan pemantapan, aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase aktivitas siswa 83% dan hasil belajar siswa mencapai 87,5%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63000
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yeni Kusuma.pdf267.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.