Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63000
Title: | Penerapan Metode Brainstorming dengan Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Keputusan Bersama di SDN Wirolegi 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 |
Authors: | KUSUMAWARDANI, Yeni MUCHTAR, Imam FITRIYAH, Chumi Zahroul |
Keywords: | SUMBANG SARAN SIMULASI AKTIVITAS HASIL BELAJAR |
Issue Date: | 2013 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA |
Abstract: | Pembelajaran PKn merupakan pembelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945 Namun, pembelajaran PKn yang dilaksanakan di Sekolah Dasar saat ini cenderung guru yang aktif dalam proses pembelajaran dan jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat dan bekerja sama, sehingga pembelajaran cenderung pasif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode brainstorming dengan simulasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Wirolegi 01 Jember. Pada siklus 1, pembelajaran dimulai dengan membagi siswa dalam 4 kelompok yang masingmasing kelompok terdiri dari 5-6 orang. Setiap kelompok melakukan simulasi. Kemudian setiap perwakilan kelompok mengemukakan pendapat dari simulasi yang dilakukan. Pada siklus 1, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 74% dan hasil belajar siswa mencapai 75%. Pada siklus 2 yang merupakan kegiatan pemantapan, aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase aktivitas siswa 83% dan hasil belajar siswa mencapai 87,5%. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63000 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Yeni Kusuma.pdf | 267.53 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.