Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62999
Title: Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peninggalan Sejarah Masa Islam di Indonesia Melalui Model Kooperatif Teknik Make A Match (Mencari Pasangan) di SDN Sukorambi 04 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014
Authors: RAHMAWATI
RAHAYU
FITRIYAH, Zahroul Chumi
Keywords: HASIL BELAJAR
MOTIVASI
MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK MAKE A MATCH
PENINGKATAN
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukorambi 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 melalui model kooperatif teknik Make A Match (mencari pasangan). Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah tingkat motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satu penyebabnya dikarenakan pembelajaran dirasa membosankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 33 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model kooperatif teknik Make A Match (mencari pasangan) selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukorambi 04 Jember. Pada siklus 1, motivasi siswa sebesar 2,21, mengalami peningkatan sebesar 0,59 menjadi 2,80 pada siklus 2. Persentase hasil belajar siswa pada kualifikasi memuaskan mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu yang semula 72,8% menjadi 87,88% mengalami peningkatan sebesar 15,08%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan model kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukorambi 04 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62999
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rahmawati.pdf265.72 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.