Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62989
Title: Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Lingkungan Pondok Sosial (LIPOSOS) Kabupaten Jember Tahun 2012
Authors: Fatah, Zainul
Zein, Ahmad
Masyhud, Sulthon
Keywords: Pendidikan nonformal
interaksi individu dengan lingkungannya
Issue Date: 2012
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Pendidikan dalam arti luas mencakup seluruh proses hidup dan segenap bentuk interaksi individu dengan lingkungannya. Baik secara formal, nonformal maupun informal sampai dengan suatu taraf kedewasaan tertentu. Penelitian ini diawali dengan suatu permasalahan, yaitu bagaimana pelaksanaan pendidikan nonformal bagi anak jalanan di lingkungan pondok sosial (LIPOSOS), dan kendala apa saja yang menjadi penghambat pelaksanaan pendidikan nonformal bagi anak jalanan di lingkungan pondok sosial (liposos). Adapun tujuan yang ingin diperoleh adalah untuk “mendeskripsikan” bagaimana pelaksanaan pendidikan nonformal bagi anak jalanan di lingkungan pondok sosial (LPOSOS), dan kendala apa saja yang menjadi penghambat pelaksanaan pendidikan nonformal bagi anak jalanan di lingkungan pondok sosial (LIPOSOS), melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan responden dilakukan dengan tehnik purposive terhadap 16 jumlah responden. Data penelitian diolah menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil analis data pendidikan nonformal bagi anak jalanan diperoleh melalui sepuluh patokan pendidikan masyarakat (DIKMAS), yaitu (1). sumber belajar, (2). warga belajar, (3). panti belajar, (4). ragi belajar, (5). dana belajar, (6). kelompok belajar, (7). program belajar, (8). proses belajar, (9). hasil belajar, (1). evaluasi belajar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62989
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zainul Fatah.pdf254.68 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.