Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62986
Title: Studi Komparasi Hasil Belajar pada Pembelajaran Sejarah antara Metode Problem Solving dengan Snowball Throwing di Man 1 Jember
Authors: PRATIWI, Fatma Finta
PRATOWO, Fatma Finta
SURANTO
MARJONO
Keywords: METODE PEMBELAJARAN, PROBLEM, SOLVING
SNOWBALL THROWING
HASIL BELAJAR
PEMBELAJARAN SEJARAH
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Metode problem solving merupakan metode pembelajaran yang melatih siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan menulis sejarah dengan cara sederhana sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi. Metode snowball throwingmerupakan suatu metode pembelajaran yang melatih siswa untuk aktif dalam kegiatan kelompok dan memecahkan masalah secara mandiri. Melalui metode snowball throwing guru dapat mengetahui seberapa besar pemahaman masingmasing siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan dalam pembelajaran sejarah antara metode problem solvingdan snowball throwingterhadap hasil belajar siswa sertauntuk mengetahui metode pembelajaran mana yang lebih baik dalam pembelajaran sejarah. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain static group comparison. Hasil yang diperoleh menunjukan t = 3,587 (p>0,05) lebih besar dari t tabel 1,67 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Nilai rata-rata siswa diketahui kelas eksperimen 1 sebesar 77.7 sedangkan rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 68.8. Dengan demikian metode pembelajaran problem solvinglebih baik dari pada metode snowball throwing
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62986
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fatma Finta.pdf450.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.