Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62785
Title: Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di Lingkungan Setempat di SDN Binakal Bondowoso
Authors: ANDIKA
FITRIYAH, Chumi Zahroul
Keywords: AKTIVITAS SISWA
HASIL BELAJAR SISWA
METPODE PROBLEM SLOVING
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode problem solving. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode problem solving dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi baik secara individu maupun secara kelompok. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,52%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 12,94%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS Pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowoso
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62785
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Andika.pdf246.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.