Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62779
Title: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 )
Authors: Amalia Anggraini, Nur
Djaja, Sutrisno
Kartin, Titin
Keywords: Metode Pembelajaran Berbasis Masalah
Keterampilan Belajar,
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 38 siswa dan guru mata pelajaran Akuntansi kelas XI IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu berusaha memaparkan data-data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan di lapangan. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi keterampilan serta aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil wawancara. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, yang masing-masing ada 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat meningkat dari rendah menjadi tinggi, begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat dari rendah menjadi tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62779
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Amalia.pdf254.99 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.