Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62778
Title: Pengaruh kemandirian dan Gaya Belajar Kinestetik terhadap Hasil Belajar pada Siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Mata Pelajaran Akuntansi pada Standar Kompetensi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Ajaran 2012/ 2013
Authors: Muh Hasan Bisri M, Muh
Dr Sukidin, Dr Sukidin, M.Pd M.Pd
Drs. Pudjo Suharso, Pudjo M.Si
Keywords: Kemandirian,
Gaya Belajar Kinestetik
Hasil Belajar
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dengan sampel sebanyak 54 responden yang dipilih secara acak diambil dari total populasi sebanyak 116 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil koefisien determinasi berganda Rsquare menunjukkan bahwa kemandirian dan gaya belajar kinestetik berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 51,9%. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar dapat terbukti. Temuan dalam penelitian ini pengaruhnya relatif kecil karena adanya beberapa faktor lain Menurut Sunarto (2009) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain:Faktor Intern diantaranya:kecerdasan;minat;bakat;motivasi dan faktor eksternal diantaranya: lingkungan keluarga; sekolah; dan masyarakat.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62778
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muh Hasan.pdf274.74 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.