Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62777
Title: | Penerapan Metode Open-Ended untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS Pokok Bahasan Suku Bangsa dan Budaya di Kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan Tahun Pelajaran 2013/2014 |
Authors: | WIDOYO, Dedy MARDIYANTI, Yayuk CHUMI, Zahroyul Fitriyah |
Keywords: | METODE OPEN-ENDDET AKTIVITAS BELAJAR HASIL BELAJAR SUKU BANGSA BUDAYA |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode open-ended. Hal ini dikarenakan di SD Muhammadiyah 1 Panarukan terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 22 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode open-ended ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 19%, sedangkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 4%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan ratarata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode open-ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SD Muhammadiyah 1 Panarukan |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62777 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dedy Widoyo.pdf | 275.46 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.