Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62776
Title: | Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Yang Mendorong Siswa Untuk Belajar Terhadap Hasil Belajar Akutansi pada Siswa Kelas XI IPS MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2012/2013 |
Authors: | Faiqotul Tri Wardani, Faiqotul Dr. Sri Kantun, Sri Drs. Sutrisno Djaja, Sutrisno M.M |
Keywords: | Faktor Internal Faktor Eksternal HASIL BELAJAR Mata Pelajaran Akuntansi MAN Lumajang |
Issue Date: | 2013 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Artikel ini diangkat dari penelitian yang berjudul pengaruh faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013 . Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode purposive yaitu sebanyak 52 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, dokumen, observasi, dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu sebesar 77,6%. Secara parsial masing-masing variabel memberikan sumbangan sebesar 64,11% untuk variabel faktor internal dan 13,49% untuk variabel faktor eksternal. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang dapat terbukti. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah sebaiknya siswa lebih meningkatkan faktor eksternal yaitu sebesar 13,49% dalam belajar akuntansi agar hasil belajar akuntansi yang dicapai siswa kelas XI IPS MAN Lumajang lebih optimal sementara faktor internal sebesar 64,11% harus lebih dipertahankan. Faktorfaktor lainnya seperti bakat, intelegensi, dan motivasi juga harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62776 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Faiqotul Tri.pdf | 263.54 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.