Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62729
Title: | PEMBENTUKAN KARAKTER KONSISTEN DAN TELITI SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS LESSON STUDY PADA SUB POKOK BAHASAN TABUNG KELAS IX C SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2014/2015 |
Authors: | Miftahul Ayu Nurliasih |
Keywords: | Pembentukan Karakter Konsisten dan Teliti Siswa SMP Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Lesson Study Pada Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX C SMP Negeri 2 Panti Tahun Ajaran 2014/2015 |
Issue Date: | 25-Jun-2015 |
Series/Report no.: | 100210101045; |
Abstract: | Matematika memegang peranan yang sangat penting untuk diajarkan dalam pembelajaran di sekolah guna melatih kemampuan berpikir sistematis, kritis, kreatif, dan konsisten dalam membantu peserta didik memecahkan masalah. Pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah, terkadang banyak kendala yang dihadapi siswa seperti kurangnya pemahaman mengenai penggunaan rumus serta kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Untuk membantu siswa lebih memahami materi diperlukan pendekatan Realistic Mathematics Education yang menekankan bagaimana siswa menemukan kembali (reinvention) konsep-konsep atau prosedur-prosedur dalam matematika melalui masalah-masalah yang realistik bagi siswa. Pendekatan RME digunakan karena dalam RME permasalahan yang digunakan ialah masalah kontekstual dan dapat dimodelkan dalam konsep matematika seperti simbol atau gambar. Pembelajaran juga dapat dirancang secara sistematis melalui kegiatan Lesson Study. Pada kegiatan Lesson Study sekelompok guru secara kolaboratif melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil pembelajaran. Tujuan diadakan penelitian ini adalah (1) mengkaji proses pembentukan karakter konsisten dan teliti siswa SMP dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis Lesson Study pada sub pokok bahasan tabung kelas IX C SMP Negeri 2 Panti tahun ajaran 2014/2015 dan (2) mengetahui tingkat karakter konsisten dan teliti siswa selama proses pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis Lesson Study. Karakteristik sikap konsisten pada penelitian ini yaitu melakukan apa yang diyakini secara berkesinambungan dan memberikan pendapat sesuai yang diyakini. Sedangkan karakteristik sikap teliti pada penelitian ini yaitu sikap kehati-hatian dalam melakukan pengamatan atau percobaan langsung dan sikap kehati-hatian dalam mengerjakan sesuatu. Karakteristik sikap konsisten dan teliti dalam penelitian ini diuraikan ke dalam beberapa indikator dengan mempertimbangkan kesesuaian dengan materi yaitu bangun ruang sisi lengkung tabung. Pembelajaran berbasis Lesson Study ini dilakukan dengan 3 tahapan yakni plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Subyek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Panti semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Observasi untuk pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 Oktober 2014 sampai dengan tanggal 7 November 2014. Pada penelitian ini, pembelajaran berbasis viii Lesson Study dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 tahapan. Pada siklus 1, tim Lesson Study menyusun perangkat sesuai dengan materi yang diajarkan berupa RPP, LKS, buku siswa dan lembar penilaian karakter. Model pembelajaran juga disesuaikan dengan kebutuhan di dalam kelas dengan harapan dapat mengembangkan karakter konsisten dan teliti siswa. Pada siklus ke 2, perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, buku siswa dan lembar penilaian karakter disusun sesuai dengan pembelajaran pada sikus 1. Perangkat pembelajaran yang dibuat pada siklus 2 memperbaiki kekurangan dari siklus 1, begitu juga dengan perangkat pada siklus 3, memperbaiki kekurangan pada siklus 2. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus dengan harapan karakter konsisten dan teliti siswa dapat terbentuk jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus berjalan sesuai dengan rencana. Berdasarkan hasil penelitian tingkatan konsisten dan teliti siswa dalam penelitian ini cukup konsisten dan teliti. Hal ini dilihat dari persentase yang menunjukkan tingkat konsisten dan teliti siswa pada setiap siklus yang mengalami peningkatan dan penurunan. Pada siklus 1 karakter konsisten diperoleh 60% (cukup konsisten) dan karakter teliti 68% (teliti). Pada siklus 2, diperoleh persentase karakter konsisten 47,57% (cukup konsisten) dan karakter teliti 38,9% (kurang telitit). Sedangkan siklus 3 diperoleh 58,7% (cukup konsisten) untuk karakter konsisten dan 86,5% (sangat teliti) untuk karakter teliti. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62729 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Miftahul Ayu Nurliasih - 100210101045_1.pdf | 189.09 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools