Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62726
Title: | ANALISIS STRUKTUR HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DI KELAS VII SMP NEGERI 7 JEMBER |
Authors: | AGUNG WIJAYA ARIFANDI NIM. 100210101092 |
Keywords: | Analisis Struktur Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Berdasarkan Taksonomi Solo Di Kelas VII SMP Negeri 7 Jember |
Issue Date: | 25-Jun-2015 |
Series/Report no.: | . 100210101092; |
Abstract: | Pendidikan merupakan salah satu penentu maju mundurnya suatu bangsa. Meningkatnya mutu pendidikan, juga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai subjek pembangunan. Saat ini, mutu pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, khususnya dalam bidang matematika. Belajar matematika tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep-konsep dalam matematika, tetapi siswa juga dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari. Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting, hal ini dikarenakan di dalam kurikulum matematika tercantum kegiatankegiatan yang meliputi aspek-aspek kemampuan matematika yang penting seperti penerapan aturan matematika pada penyelesaian masalah tidak rutin, penemuan pola, penggeneralisasian, komunikasi matematika, dan lain-lain yang dapat dikembangkan secara lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data tentang struktur hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal Aritmetika Sosial berdasarkan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO (Structure Of The Observed Learning Outcome) atau struktur hasil belajar yang dapat diamati merupakan alat yang mudah dan sederhana untuk menyusun dan menentukan tingkat kesulitan atau kompleksitas suatu soal atau pertanyaan. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk soal cerita sebanyak tiga soal yang dipilih dari delapan soal telah divalidasi oleh dua dosen Pendidikan Matematika dan satu guru matapelajaran matematika. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis viii penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Setiap kelas akan diambil secara acak sebanyak 5 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah melakukan tes. Analisis data yang digunakan adalah adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang didasarkan pada Taksonomi SOLO. Berdasarkan dari data hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut cukup valid dengan representasi Va berada pada 2 ≤ Va <2,5. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa tes tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,771898 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan, maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel, sehingga soal tes pemecahan masalah dapat digunakan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pokok bahasan Aritmetika Sosial berdasarkan taksonomi SOLO dari ketiga soal sebanyak 27,5% berada pada level Prestruktural, 4,2% berada pada level Unistruktural, 8,3% berada pada level Multistruktural, 30,8% berada pada level Relasional dan 29,2% berada pada level Abstrak Diperluas. Masih terdapat 31,7% siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember belum mencapai tingkat Multistruktural. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah masih rendah. Diharapkan guru lebih sering memberikan soal pemecahan masalah kepada siswanya, tentunya dengan lebih kreatif dan disesuaikan menurut kemampuan siswa, agar dapat menumbuh kembangkan kemampuan bernalar yaitu berpikir sistematis, logis dan kritis. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62726 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
AGUNG WIJAYA ARIFANDI - 100210101092_1.pdf | 369.66 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools