Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62706
Title: Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sugestif melalui Penerapan PAKEM dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Siswa Kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: Irfan Anshari Rahman, Irfan
Hari Satrijono, Hari
Nanik Yuliati, Nanik
Keywords: narasi sugestif
PAKEM
Metode Picture and Picture
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan penelitian ini secara umum untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui tindakan berupa pendekatan dan metode pembelajaran. Secara kusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi sugestif melalui penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 19 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini, siswa diajak aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil belajar siswa mencapai 68,42% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,47%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62706
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Irfan Anshari.pdf305.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.