Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62704
Title: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas x-1 Sma Muhammadiyah 3 Jember Semester Genap Tahun Pembelajaran 2021/2013
Authors: UMAMAH, Nurul
Sumardi
IMRON ROSIDI, Moh
Keywords: AKTIVITAS
HASIL BELAJAR
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TALKING STICK
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Siswa kelas X-1 di SMA Muhammadiyah 3 Jember tidak tertarik mengikuti pelajaran sejarah terlihat pada saat pembelajaran sejarah berlangsung. Guru sejarah masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan penugasan sehingga siswa tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru sejarah jarang sekali menggunakan metode pembelajaran efektif yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam belajar di kelas sehingga timbul perasaan jenuh dan bosan pada siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, dimana karakteristik siswa kelas X-1 di SMA Muhammadiyah 3 Jember tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran sejarah, siswa merasa cepat jenuh dalam menerima pelajaran, siswa memiliki daya ingat yang lemah, dan siswa malas dalam membaca materi pelajaran. Metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa kelas X-1 terutama dalam mata pelajaran sejarah adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus 61,11%, siklus I mencapai 70,83%, dan siklus II persentase aktivitas belajar siswa mencapai 85,76%. Ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus pada aspek kognitif 68,75%, aspek afektif dan psikomotorik tidak diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pada aspek kognitif 75%, aspek afektif 78,12%, dan aspek psikomotorik 75%, sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus II pada aspek kognitif 87,5%, aspek afektif 90,62%, dan aspek psikomotorik 87,5%. Berdasarkan keterangan di atas menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal antara pra siklus, siklus I, dan siklus II.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62704
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Moh Imron Rosidi.pdf333.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.