Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62701
Title: Pengaruh Penggunaan Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPAdi SDN Ajung 01 Ajung-Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Authors: PANGESTI, Shella Indria Dwi
NURIMAN
AGUSTINIGNSIH
Keywords: MEDIA LINGKUNGAN
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ajung 01 Ajung-Jember dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen tipe pre-test post-test control group design dengan subjek penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas III A dan kelas III B dengan masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes berupa tes objektif. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media lingkungan dilaksanakan di kelas III A yang bertindak sebagai kelas eksperimen dan kelas III B bertindak sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan. Sebelum melaksanakan pembelajaran, dilakukan pre-test di kedua kelas tersebut yang hasilnya digunakan untuk uji homogenitas. Pada kelas eksperimen diperoleh p-value (sig.) 0.100 artinya p-value > 0.05 berarti hipotesis nihil diterima, artinya kemampuan siswa kelas eksperimen adalah homogen. Pada kelas kontrol diperoleh p-value (sig.) 0.433 artinya p-value > 0.05 berarti hipotesis nihil diterima, artinya kemampuan siswa kelas kontrol adalah homogen. Setelah proses pembelajaran, dilakukan post-test di kedua kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa yang kemudian dilakukan Uji t. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan media lingkungan mempunyai rata-rata nilai sebesar 76,53 sedangkan di kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan mempunyai nilai rata-rata lebih rendah yaitu sebesar 67,26. Dari hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara nilai siswa dengan menggunakan media lingkungan dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunkan media lingkungan (nilai-p = 0.009). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA di SDN Ajung 01 AjungJember tahun pelajaran 2013/2014.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62701
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Shella Indria.pdf263.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.